Poker

Matematika Dalam Permainan Poker Online

Beberapa minggu yang lalu seorang teman saya yang bukan pemain poker bertanya kepada saya apa jenis pertanyaan “poker matematika”. Itu adalah salah satu yang umum: “Berapa persentase dari poker adalah keberuntungan dan berapa persen adalah keterampilan?”

Saya menyebutnya pertanyaan matematika poker sebagian karena itu adalah pertanyaan tentang poker yang juga meminta saya untuk menghasilkan persentase dan mengukur aspek dari permainan. Tetapi ada alasan lain yang lebih relevan mengapa pertanyaannya benar-benar tentang matematika poker.

Untuk satu, memahami peran keberuntungan dalam permainan berarti mengetahui matematika di balik poker – yaitu, mengetahui peluang dan probabilitas dan bagaimana kadang-kadang ketika Anda membuat keputusan yang baik Anda masih kalah, atau bagaimana kadang-kadang ketika Anda membuat keputusan yang buruk Anda masih menang . Kedua, memiliki pengetahuan itu dan mengetahui bagaimana peluang dan probabilitas dan “matematika poker” lainnya dapat (dan seharusnya) mempengaruhi pengambilan keputusan di poker adalah bagian dari apa yang dimaksud dengan menjadi pemain yang terampil.

Beberapa pemain datang dengan pengetahuan ini secara naluriah, tampaknya memahami matematika poker tanpa harus mempelajarinya secara sadar. Orang lain mempelajarinya dengan trial and error, dan setelah gagal beberapa kali untuk mengisi lurus atau flushes beberapa kali akhirnya mulai menghargai bagaimana belajar matematika poker bermanfaat untuk dilakukan.

Dari sejarah awal permainan, meskipun, semua orang yang telah mengambil poker sama sekali serius telah menyadari pentingnya memahami komponen matematika permainan.

Sejarah Matematika di Poker
Akhir abad ke 19
Melihat kembali sejarah poker, game ini diperkenalkan di Amerika pada awal abad ke-19. Permainan asli menggunakan dek 20 kartu dan terlibat hanya menangani lima kartu tangan dengan para pemain yang kemudian bertaruh pada mereka. Dalam permainan itu, mengetahui peringkat tangan dan sedikit sesuatu tentang kemungkinan membuat tangan tertentu jelas akan melayani pemain dengan baik, meskipun matematika terkait yang terlibat tidak terlalu rumit.

Kemudian muncul dek 52 kartu standar serta pengenalan undian, yang berarti pemain bisa bertaruh baik setelah kesepakatan awal dan kemudian lagi setelah membuang dan menarik kartu untuk meningkatkan tangan mereka. Beberapa waktu setelah itu datang pengenalan pejantan lima kartu kemudian tujuh kartu pejantan, varian baru pada permainan yang memberikan tantangan baru serta bahkan lebih banyak ronde pertaruhan. Poker menjadi lebih rumit, dan begitu juga, matematika poker.

Menjelang bagian akhir abad ke-19 datanglah buku strategi poker pertama, dengan banyak dari mereka berfokus pada matematika di belakang poker selain untuk menjelaskan aturan dan aspek lain dari permainan. Judul buku Henry T. Winterblossom ini The Game Draw-Poker, matematis Illustrated (1875), salah satu yang pertama buku full-length tentang strategi poker, memberi Anda gambaran penekanan penulis pada matematika di poker.

Selama beberapa dekade berikutnya, para penulis strategi lainnya melanjutkan dengan nada yang sama seperti Winterblossom, termasuk dalam tabel-tabel teks mereka yang penuh dengan angka-angka yang mengilustrasikan peluang untuk mengisi undian yang berbeda. Berkenaan dengan lima kartu draw Mike Caro terkenal bersama matematika dan menunjukkan bagaimana menerapkannya di meja di Doyle Brunson Super / System (1979), yang ia juga memberikan kontribusi lebih banyak tabel menjelaskan peluang dan matematika lainnya untuk berbagai varian lainnya.

Abad ke-20/21
Texas hold’em adalah salah satu game yang tercakup dalam tabel Caro ini, dan sebagai abad ke-20 menarik untuk dekat pertama hold’em tetap batas dan kemudian tidak ada batas hold’em menjadi varian poker yang paling dimainkan sejauh ini, dengan turnamen NLHE terutama populer baik online maupun langsung.

Seiring dengan “booming poker” dari pertengahan 2000-an datang ledakan teks strategi poker, banyak ditujukan untuk pemain tingkat pemula dan dengan demikian biasanya menyentuh pada konsep yang berhubungan dengan matematika di poker.

Buku strategi turnamen seperti Harrington pada Hold’em series (2003-2005) oleh Dan Harrington dan Bill Robertie mempopulerkan konsep-konsep yang berhubungan dengan matematika seperti “M” (atau “M-rasio”), sebuah perhitungan yang mencerminkan seberapa dalam atau dangkal tumpukan chip pemain ditentukan oleh biaya untuk memutar setiap orbit. Kemudian buku strategi turnamen akan rutin mencakup pertimbangan berdasarkan ICM atau “model chip yang independen” yang menggunakan matematika untuk menghitung uang ekuitas nyata dari pemain tumpukan chip yang seperti yang ditunjukkan oleh jadwal pembayaran turnamen ini.

Ada beberapa “buku matematika poker” populer selama beberapa tahun terakhir – yaitu, buku-buku yang terutama berfokus pada matematika poker.

Di antara judul-judul itu, The Mathematics of Poker (2006) oleh Bill Chen dan Jerrod Ankenman juga menunjukkan pentingnya matematika di poker, dengan penulis memperkenalkan berbagai teknik kuantitatif yang berlaku untuk strategi poker, termasuk teori permainan. The Math of Hold’em (2011) oleh Collin Moshman dan Douglas Zare juga mencakup berbagai konsep matematika Texas hold’em dari peluang dan probabilitas ke ekuitas dan varians.